Rekomendasi Tujuan Wisata Alam di Wonosobo

salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah kawasan wisata kawah dieng. Kawasan wisata ini berlokasi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng (Dieng Wetan), Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Kawasan wisata ini berupa dataran tidak rendah yang terletak di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.
Area wisata kawah dieng adalah salah satu tempat wisata favorit dan populer di Wonosobo. Di kawasan ini terdapat berbagai obyek wisata menarik untuk dikunjungi, seperti telaga yang eksotis, gunung-gunung indah, serta kawah vulkanik.

Nah, apa saja tempat-tempat wisata menarik yang terdapat di area wisata kawah dieng tersebut? Simak penjelasannya pada artikel di bawah.
1.Kawah Candradimuka
Kawah Candradimuka adalah salah satu obyek wisata yang terdapat di area wisata kawah dieng. Diameter kawah ini berkisar lima meter yang terbentuk dampak aktivitas vulkanik yang sangat kuat dan memiliki letupan dahsyat dengan bunyi bergemuruh.
Berkunjung ke kawah ini memang cukup menarik dan menantang. Lantaran bau belerangnya sangat kuat, saat berada di bibir kawah, Anda disarankan memakai masker
Jarak dari Kampung Dieng menuju Kawah Candradimuka sekitar delapan koma  tujuh km dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat dengan melewati 2 kampung, yaitu Desa Kepakisan dan Desa Pekasiran. Estimasi perjalanan menuju ke sana berkisar 20 menit. Dari sana perjalan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1,4 km dengan perkiraan waktu berkisar 30 menit.
2.Kawah Sikidang
Kawah Sikidang juga merupakan salah satu obyek wisata yang terdapat di area wisata kawah dieng. Kawah ini terbentuk imbas aktifitas gunung berapi di dataran tidak rendah Dieng. Di area kawah Sikidang banyak terdapat kawah-kawah tidak besar dengan titik didih tak sampai seratus derajat celcius.
Sebab bau belerang di kawah ini sungguh kuat, saat mendekati bibir kawah, sebaiknya Kamu memakai masker Di sekitar Kawah Sikidang juga telah dibangun pagar yang terbuat dari kayu, yang berfungsi sebagai pembatas sehingga tidak ada pengunjung pengunjung yang tercebur ke dalam kawah atau terkena efek dari gas beracun Kawah Sikidang.
3.Kawah Sileri
Kawah Sileri juga adalah salah satu obyek wisata yang terdapat di kawasan wisata kawah dieng. Luas area kawah ini berkisar empat hektar, sehingga menjadi kawah terluas di Dieng. Permukaan kawahnya tidak sedikit dipenuhi air yang mendidih berwarna putih keabu-abuan. Air ini mengalir ke hilir menyirami ladang-ladang di bawahnya.
Di Kawah Sileri sudah disediakan tangga yang terbuat dari beton yang bisa digunakan oleh pengunjung-pengunjung yang mau wisatawan yang ingin mendekati kawah. Namun disarankan untuk memakai masker sebab bau belerang cukup kuat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Bogor, Telaga Warna